07 April 2009

Tips : Ketika harus berkonsultasi ke dokter


Menderita suatu penyakit dan harus berkonsultasi ke dokter merupakan hal yang terkadang tidak mengenakkan bagi sebagian orang. Mungkin pasien akan merasa berdebar-debar sehingga apa yang mau disampaikan kepada dokter lups untuk disampaikan. Atau terkadang dokter tempat memeriksakan diri terlalu sibuk sehingga tidak mempunyai waktu yang cukup untuk menjawab semua pertanyaan pasien. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat anda lakukan manakala anda berkonsultasi dengan dokter.

1. Sampaikan semua gejala penyakit yang anda keluhkan. Jangan ragu untuk menyampaikan semua yang anda keluhkan. Sampaikan pula kapan keluhan itu mulai anda rasakan, apakah keluhan itu hilang timbul, atau apakah ada sesuatu yang dapat memperberat keluhan itu.

2. Jika keluarga atau orang terdekat menderita penyakit yang sama, sampaikan. Sampaikan pula jika anda mempunyai penyakit menahun semisal tekanan darah tinggi, kencing manis, atau penyakit astma.

3. Sampaikan kepada dokter jika anda sedang mengkonsumsi obat jenis tertentu dan meskipun dokter tidak bertanya, sampaikan jika anda mempunyai riwayat alergi obat tertentu.

4. Jika sebelumnya sudah melakukan pemeriksaan foto rontgen, USG, CT Scan, atau pemeriksaan laboratorium, sebaiknya dibawa saat berkonsultasi kembali dengan dokter. Data ini boleh jadi berhubungan dengan keluhan yang anda rasakan saat ini.

5. Jangan takut mengajukan pertanyaan kepada dokter. Jika anda tidak bertanya, dokter pasti berpikir kalau anda sudah mengerti. Jangan mempunyai pikiran kalau pertanyaan yang anda ajukan memalukan atau terlewat sederhana.

6. Jika anda khawatir pertanyaan anda akan terlewat, buatlah daftar pertanyaan sebelum sesi konsultasi.

7. Buatlah catatan tentang apa yang telah anda konsultasikan ke dokter. Misalnya mengenai diet makanan, atau apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan. 

8. Dan selalu usahakan ada pihak ketiga yang anda ajak saat berkonsultasi dengan doter. Misalnya istri, suami atau anak anda. Karena terkadang sebagai manusia, kita bisa saja lupa, dan orang ketiga inilah yang diharapkan berperan sebagai pihak yang mengingatkan.
9. Tips terakhir yang tak kalah penting adalah sampaikan apa adanya gejala yang anda derita kepada dokter. Jangan ada yang ditutup-tutupi. Jika anda sedang stres, berterus teranglah. Karena ada penyakit yang tercetus karena kita sedang menderita stres.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar